Tidak Ada Uang Pangkal untuk Jalur SNMPTN/SBMPTN

In News, sbmptn

Tidak Ada Uang Pangkal untuk Jalur SNMPTNSBMPTN

Tidak Ada Uang Pangkal untuk Jalur SNMPTN/SBMPTN  | SEMARANG,(PR).- Perguruan Tinggi tidak dibenarkan untuk membebankan uang pangkal pada mahasiswa baru yang masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan juga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) Mohammad Nasir mengatakan, mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN dan juga SBMPTN hanya dibebankan uang kuliah tunggal (UKT). “Untuk SNMPTN dan SBMPTN, kami larang. Tidak boleh ada uang pangkal,” ujarnya ketika ditemui seusai memantau pelaksanaan SBMPTN di Universitas Negeri Semarang, Semarang, Selasa, 31 Mei 2016.

Adapun jalur masuk PTN melalui Seleksi Mandiri (SM), kebijakan terkait uang pangkal bagi mahasiswa bergantung pada kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Nasir menjelaskan, pihaknya memang tidak melarang pemberlakuan uang pangkal melalui jalur seleksi mandiri.

Hal ini karena pelaksanaan seleksi mandiri memang tergantung perguruan tinggi masing-masing. Namun Nasir menuturkan, ia berharap perguruan tinggi tetap mempertimbangkan secara matang mengenai batasan uang pangkal yang ditetapkan, dan tidak memberatkan mahasiswa.

Apalagi, bukan tidak mungkin terdapat mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang mengikuti jalur seleksi tersebut. “Untuk maslaah UNJ (Universitas Negeri Jakarta-red) kemarin, uang pangkal yang dipermasalahkan itu sudah saya cek, itu untuk jalur seleksi mandiri. Untuk jalur ini (seleksi mandiri-red) memang tergantung kebijakan masing-masing universitas. Namun tetap jika ada mahasiswa dari keluarga tidak mampu di yang masuk melalui jalur tersebut (Seleksi Mandiri-red) harus kita lindungi,” ucapnya.***

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Tags: #News #sbmptn

Leave a reply "Tidak Ada Uang Pangkal untuk Jalur SNMPTN/SBMPTN"

Must read×

Top