Penyebab Kerusakan Pada Jaringan Komputer

In TKJ
Penyebab Kerusakan Pada Jaringan Komputer – Mendiagnosis Permasalahan Perangkat yang tersambung jaringan adalah pekerjaan yang harus di lakukan oleh seorang administrator jaringan computer. Komputer yang terhubung suatu jaringan biasanya sering sekali mengalami gangguan atau kerusakan, Baik dari sisi Hardware (perangkat Keras) Maupun Software (perangkat Lunak).  Hal ini disebabkan oleh banykanya user atau pengguna computer yang terhubung dalam system jaringan.
fb
Di bawah ini merupakan beberapa factor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sebuah jaringan computer, sebagai berikut :
  1. Tegangan Listrik
    tidak stabilnya tegangan listrik ( naik turun) atau tiba-tiba mati mendadak listrik mati, biasanya akan dapat meyebabkan peralatan yang kita miliki mudah rusak, terutama perangkat computer (PC) . Hal ini juga akan memperngaruhi jaringan apabila terjadi kerusakaan pada computer Workstation maupun Komputer server
  2. Tidak berfungsinya Komponen pada jaringan computer
    Mati atau tidak berfungsinya komponen pendukung jaringan disebabkan oleh korosi (berkarat) atau rusak. Korosi biasanya terjadi di akibatkan karena ruang atau tempat jaringan lembab dan juga pemakaian yang sudah cukup lama tanpa adanya perawatan yang rutin (berkala)
Dalam system jaringan Lokal (lan) permasalahan yang menyebabkan sebagian atau secara keseluruhan biasanya sering di istilahkan dengan sebutan DOWN.
Down bias kita artikan bahwa jaringan sedang turun atau tidak bekerja secara maksimal. Istilah down pada jaringan lan berbeda dengan down pada jaringan warnet (warung internet) . down pada jaringan LAN di sebebkan oleh system dalam jaringan tersebut atau karena tidak berfungsinya peralatan dalam jaringan lan tersebut. Sedangkan DOWN pada warnet atau warung internet disebabkan oleh banyak sekali factor,di antaranya pengaruh dari jaringan LAN yang ada dalam warnet tersebut, dari provider (jasa pelayanan akses internet) yang melangalami gangguan. Dan dari line telepon yang penuh sehingga menyebabkan akses ke internet tidak dapat di lakukan.
Down dalam jaringan LAN (Local Area Network) jauh lebih mudah penanganannya di bandingkan dengan down pada warnet. Hal Ini karena kita dapat mendeteksi melalui indikasi-indikasi kerusakaan yang dapat kita lihat dengan cara mendiagnosis permasalahan kerusakan dalam seuatu jaringan computer, Mengenai Cara mendiagnosis atau cara mengetahui kerusakaan dalam suatu jaringan computer akan saya bahas pada artikel berikutnya .
Sekian Artikel fokusbelajar.com mengenai ‘Penyebab  Kerusakan Pada Jaringan komputer’ Semoga dapat membantu anda dan dapat memecahkan permaslahan yang anda alami.
Semoga dapat bermanfaat 🙂

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Tags: #TKJ

Leave a reply "Penyebab Kerusakan Pada Jaringan Komputer"

Must read×

Top