Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Universitas Lampung

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Universitas Lampung | Selain seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur SNPMTN dan SBMPTN, tahun ini Universitas Lampung (Unila) juga membuka seleksi mandiri masuk PTN (SMMPTN). Seleksi mandiri ini bisa diikuti calon mahasiswa luar Lampung.

Humas penerimaan mahasiswa baru Unila, Moneyzar Usman menjelaskan, tahun lalu jalur mandiri itu pesertanya hanya sebatas dari wilayah Lampung saja. Sekarang, berdasarkan rapat 16 rektor PTN wilayah barat, calon-calon siswa dari wilayah Indonesia barat bisa ikut seleksi.

Adapun kuota yang akan diterima sebanyak 25 persen dari 5.000 mahasiswa yang akan diterima Unila tahun ini. Jadi bagi calon mahasiswa yang kemarin tak diterima dari jalur SNMPTN atau SBMPTN bisa mendaftarkan diri dari jalur mandiri.

Jalur mandiri akan dibuka pada 1-30 Juni mendatang, lalu pengumuman pada 8 Juli dan menggunakan tes tertulis. Selain PTN wilayah barat, Universitas Palangkaraya (UPR) juga masuk dalam skema SMMPTN.

“Kita menginginkan calon mahasiswa yang belum diterima di Unila dari dua jalur sebelumnya maka kita buka jalur mandiri ini,” katanya. Ditambahkan oleh Humas Panlok 27 Unila M Komarudin mengatakan ada 232 peserta SNMPTN gugur dalam proses verifikasi berkas.

“Ratusan calon mahasiswa itu dinyatakan gagal dalam proses verifikasi berkas dikarenakan beberapa peserta tidak mengumpulkan berkas yang diinginkan panitia,” katanya. Kemudian peserta yang menyerahkan berkas tidak sesuai dengan data yang diunggah secara online.

Dari 1.367 peserta yang melakukan daftar ulang, hanya 1.135 peserta yang lolos proses verifikasi berkas. “Kita mencocokan tahapan proses verifikasi antara pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) dan nilai rapor asli peserta dan 232 orang yang gak lolos verifikasi,” katanya.(byu)


Leave a reply "Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Universitas Lampung"

Must read×

Top