Pendaftaran Jalur Mandiri Dibuka, yang Belum Yakin Lulus SBMPTN Silahkan Daftar

Pendaftaran Jalur Mandiri Dibuka, yang Belum Yakin Lulus SBMPTN Silahkan Daftar

Bagi kamu yang masih khawatir tidak akan lulus dalam ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 kemarin, tak perlu khawatir. Sebab Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih membuka jalur manidiri.

Kuotanya pun sudah meningkat dibanding tahun sebelumnya menjadi 30 persen. Salah satu PTN yang sudah mulai membuka jalur mandiri adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Tak jauh berbeda dengan SBMPTN, seleksi Mandiri (SM) Unnes yang juga menjaring mahasiswa baru, baik pada jenjang D-3 maupun S-1, pelaksanaan ujiannya dilakukan dalam bentuk ujian tertulis dan/atau ujian keterampilan untuk seni dan olahraga.

Adapun pendaftaran SM Unnes telah dibuka sejak 1 Juni sampai dengan 14 Juli 2016. Seluruh tahapan pendaftaran dilakukan dengan sistem online melalui laman http://daftar.unnes.ac.id.

Sama dengan di SBMPTN, SM Unnes juga membuka kelompok ujian sains dan teknologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum), atau campuran (saintek dan soshum).

Khusus untuk pendaftar yang ingin mengajukan bidikmisi wajib memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) sebagaimana tercantum di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

“Peserta SM-Unnes 2016 berhak memilih maksimum dua program studi untuk kelompok ujian saintek atau soshum, dan maksimum tiga program studi untuk kelompok ujian campuran,” terang Kepala Humas Unnes, Hendi Pratama, seperti dikutip dari laman Unnes, Sabtu (4/6/2016).

Untuk biaya seleksi, kata Hendi, adalah sebesar Rp250 ribu untuk kelompok ujian saintek atau soshum, dan Rp300 ribu untuk kelompok ujian campuran.

“Sedangkan peserta yang memilih program studi yang mensyaratkan ujian keterampilan seni atau olahraga, membayar biaya uji keterampilan sebesar Rp150 ribu,” tambahnya. (ira)

(rfa/ril/PS)

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Tags: #News #sbmptn

Leave a reply "Pendaftaran Jalur Mandiri Dibuka, yang Belum Yakin Lulus SBMPTN Silahkan Daftar"

Must read×

Top