Pendaftaran Beasiswa BIDIK MISI 2016 Online

In pengumuman

BIDIK MISI– Terbaru Pendaftaran untuk Bidik Misi dilaksanakan Online melalui bidikmisi.dikti.go.id tahun 2016 selanjutnya pendaftaran secara online untuk Bidik Misi jalur Beasiswa DIKTI tahun 2016 Bidik Misi. program unggulan beasiswa Bidik Misi akan dilaksanakan mulai februari sampai penutupan jalur masuk SBMPTN tidak hanya melalui jalur masuk tersebut melalui SNMPTN juga anda bisa melakukan melalui situs resmi beasiswa DIKTI.

Pendaftaran Beasiswa BIDIK MISI 2016 Online

Melui Beasiswa Bidik Misi ini diharapakan tidak ada lagi siswa yang mengeluh punya prestasi tidak bisa melanjutkan kuliah karena tidak ada biaya, program pendidikan ini diperuntukan untuk bagi mereka yang tidak mampu dan memiliki prestasi, program unggulan dari pemerintah ini di nilai efektif melahirkan lulusan sarjana yang hebat, seperti beberapa waktu lalu mahasiswa bidik misi dari UNESS yang mendapatkan nilai dengan IPK 3,90 an lebih.

Selain itu diharapakan pendidikan dapat menjadi alat pemutus rantai kemiskinan, dan melanjutkan hidup lebih layak, karena biasa yang menjadi penyebab rantai kemiskinan adalah ketidak mampuan, sedangkan kuliah adalah solusi sebagai alat mobilitas sosial mengarah lebih baik lagi. Melalui beasiswa bidik misi ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dikampus impian tanpa harus memikirkan biaya pendidikan yang mahal.

Ada beberapa cara untuk mendaftar online Beasiswa Bidik Misi, Melalui sekolah atau perseorangan diajukan melalui situs bidikmisi.dikti.go.id kemudian melanjutkan beberapa tahap untuk lebih jelasnya akan dibahas dibawah ini beberapa ketentuan persyaratan pendaftar beasiswa bidik misi DIKTI simak selengkapnya.

  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016.
  • Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.
    Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  • Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria :
    a). Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM);
    b). Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya ;
    c). Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per-bulan.
    Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau d). Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya.
  • Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  • Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
  • Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    a). PTN dengan pilihan seleksi masuk: 1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); 2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN); 3) Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN
    b). PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.

Sebelum mendaftar terlebih dahulu anda harus memenuhi persyaratan yang telah di tulis diatas, beasiswa bidik misi ini diperuntukan untuk sekolah yang sudah terdaftar di situs resmi beasiswa bidik misi jika belum segera usulkan sekolah di situs resmi daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/daftar anda melalui kepala sekolah. Karena ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan untuk mendaftarkan sekolah di situs tersebut. Tetapi kita tidak akan membahas itu karena dalama kesempatan ini hanya membahas Pendaftaran Online Bidik Misi yang sudah terdaftar berikut informasi pendaftaran online Bidik Misi. Sebelum lanjut pendaftaran berikut ini adalah jadwal penting pendaftaran Online Beasiswa Bidik Misi.

Jadwal Penting Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi 2016

  • Pendaftaran Sekolah 15 Januari 2016 – 01 September 2016
  • Pendaftaran Siswa 15 Januari 2016 – 01 September 2016
  • PMDK-PN 09 Februari 2016 – 08 Mei 2016
  • Pendaftaran SNMPTN 10 Februari 2016 – 12 Maret 2016
  • Seleksi Mandiri PTN 10 Februari 2016 – 01 September 2016
  • Seleksi Mandiri PTS 10 Februari 2016 – 01 September 2016
  • Pendaftaran SBMPTN 16 Maret 2016 – 03 Juni 2016

Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, UMPN atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara daring adalah sebagai berikut.

  • Tahapan pendaftaran Bidikmisi
    a). Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi ke http:// bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/ dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 2 bagian F) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
    b). Ditjen dikti memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
    c). Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui http:// bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.
    d). Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing masing siswa yang sudah direkomendasikan,
    e). Siswa mendaftar melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran.

Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing pola seleksi melalui alamat berikut.

  • a). SNMPTN melalui http:// snmptn.ac.id.
  • b). SBMPTN melalui http://sbmptn.or.id.
  • c). Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN.
  • d). Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS.

Setelah melalui serangkaian prosedur pendaftaran anda juga harus melengkapi berkas, ini khusus untuk Siswa yang mendaftar melengkapi berkas yang dibawa pada saat pendaftaran ulang seleksi masuk, yaitu:

  • Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi;
  • Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
  • Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah;
  • Kartu Pengaman Sosial (KPS/BSM). (jika merupakan penerima BSM)
  • Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
  • Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.

Memang terbilang panjang proses pendaftaran online Bidik Misi, yang harus di ingat bahwa memang proses yang dilakukan cukup panjang tetapi hal ini semata-mata untuk kelancaran yang bersangkutan jangan menyerah meski anda berada jauh dari kota atau sekolah anda di daerah terpencil anda tetap bisa mendaftar beasiswa bidik misi ini melalui kepala sekolah dan secara online.

Pentingnya pendidikan bagi kita adalah untuk mencerdaskan bangsa termasuk bagi yang kurang mampu, yang harus dibaca adalah persyaratan serta prosedur pendaftaran online beasiswa Bidik Misi selain itu admin memberikan beberapa panduan Pendaftaran Manual Beasiswa Bidik Misi bagi yang tidak mendapatkan rekomendasi dari sekolah bisa mendaftaran secara perseorangan.

Info lainnya telah ditulis jika terjadi perubahan atau perbedaan informasi maka yang digunakan adalah informasi mengacu pada situs resmi bidikmisi.dikti.go.id/siswa/default/login semoga informasi ini dapat menuntun anda meraih beasiswa dan melanjutkan sekolah meski tidak ada biaya satu rupiah pun. Anda juga bisa mengikuti Meknisme Simple Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Terbaru 2016. Terima kasih salam sukses

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Tags: #pengumuman

Leave a reply "Pendaftaran Beasiswa BIDIK MISI 2016 Online"

Must read×

Top