Materi Yang Paling Sering Keluar Di SBMPTN?

In sbmptn

Materi yang paling sering keluar di SBMPTN? | Ujian-ujian di akhir tahun ajaran sebentar lagi akan menyambut kita semua, terutama bagi anak kelas 12. yang dalam waktu dekat akan menghadapi yang namanya UN, US, SBMPTN, & Ujian mandiri. SBMPTN memang tinggal beberapa bulan lagi. Jadi mau gak mau, siap gak siap, lo harus terima kenyataan kalo waktu lo sekarang udah mepet banget untuk belajar materi SBMPTN. Seiring dengan semakin mepetnya waktu, admin makin banyak dapet curhatan di sosmed dan email yang kurang lebih intinya begini:

“Kak Glenn, kira-kira kalo baru mulai belajar dari sekarang masih sempet gak yah?”

terus gimana dong? Solusi paling praktis untuk menjawab sempet/nggak sempet itu adalah bagaimana cara yang efektif untuk bisa mengalokasikan waktu, energi, serta fokus kita untuk mempelajari semua (atau sebagian besar) materi SBMPTN?

Nah, dalam artikel kali ini admin akan memandu kalian untuk menentukan skala prioritas dalam belajar SBMPTN. Darimana skala prioritas itu diperhitungkan? Dalam pembahasan kali ini, gua mengambil pendekatan berdasarkan distribusi persebaran topik untuk tiap soal SBMPTN sejak 6 tahun terakhir (tahun 2011-2016). Jadi nanti di bawah ini, gua akan share satu per satu chart/grafik yang menggambarkan topik-topik mana aja yang paling sering keluar di SBMPTN untuk setiap mata pelajaran.

Oke, sebelum gue tunjukin satu per satu chart per mata pelajaran, admin perlu menekankan dulu bahwa proses pembuatan chart ini didasarkan pada beberapa asumsi berbeda. Maksudnya, pada mata pelajaran tertentu (seperti TPA, Sejarah, dll) para tutor bisa dengan mudah mengklasifikasikan bahwa 1 soal merepresentasikan 1 topik. Tapi pada beberapa pelajaran, (contohnya Matematika, Ekonomi, dll) terkadang 1 soal tidak hanya merepresentasikan 1 topik, melainkan beberapa topik.

Jadi pada intinya, lo juga perlu memikirkan dasar asumsi yang digunakan para tutor, sebelum akhirnya memutuskan skala prioritas lo dalam mengalokasikan waktu dan energi pada topik-topik tertentu. Oke deh, kita langsung aja mulai ke subjek yang pertama yaitu TPA:

TKPA : TPA / Tes Potensi Akademik

Oke berikut di bawah ini adalah persebaran soal SBMPTN TPA dari 2011-2016. Perlu lo ketahui bahwa jumlah soal TPA memang gak selalu sama dari tahun-ke tahun. Sewaktu nama tes masuk PTN masih bernama “SNMPTN” jumlah soal TPA itu bisa mencapai 60-75 soal. Sementara sejak nama tes masuk PTN jadi “SBMPTN” pada tahun 2013 hingga 2017 sekarang ini, jumlah soal TPA selalu konsisten di angka 45 soal. Untuk lebih jelasnya, lo bisa lihat tabel dan grafik di bawah ini:

Topik / Materi SNMPTN 2011 SNMPTN 2012 SBMPTN 2013 SBMPTN 2014 SBMPTN 2015 SBMPTN 2016 TOTAL
VERBAL 20 15 15 15 5 0 70
ARITMETIKA 20 26 15 10 8 5 84
POLA BARISAN 10 11 11 5 7 5 49
LOGIKA PROPOSISI 5 12 7 0 5 15 44
ANALITIK 5 11 11 4 5 5 41
POLA GAMBAR 0 0 0 4 15 15 34
BASIC MATH 0 0 11 0 0 0 11
DIAGRAM VENN 0 0 0 7 0 0 7

Nah, bisa lo lihat di atas urutan topik yang paling sering keluar, dari mulai aritmetika. verbal, pola barisan, dst. Sekilas mungkin lo berpikir untuk mengalokasikan waktu lebih banyak untuk belajar aritmetika saja, tapi tunggu dulu. Coba lo lihat lebih seksama pada tabel distribusi persebaran soal di atasnya, bisa dilihat pada SBMPTN tahun 2015 yang lalu, topik yang paling banyak keluar justru adalah pola gambar! Nah lho, sementara pada SBMPTN 2014 topik “pola gambar” malah cuma keluar 4 soal, bahkan di SBMPTN tahun 2013 gak keluar sama sekali. Bingung kan lo?

Okay, emang khusus untuk TPA ini, persebaran topik yang keluar TIDAK KONSISTEN. Pada tahun 2013-2014 bisa jadi topik yang banyak keluar adalah “Verbal”, sementara tahun berikutnya (2015) topik “Pola gambar” lebih banyak keluar. Jadi mau gak mau, suka nggak suka… khusus untuk pelajaran TPA ini, emang lo sebaiknya menguasai semua topik secara merata dan seimbang!

TKPA : Matematika Dasar

Topik / Materi SNMPTN 2011 SNMPTN 2012 SBMPTN 2013 SBMPTN 2014 SBMPTN 2015 SBMPTN 2016 TOTAL
Persamaan Kuadrat 3 2 4 5 1 7 22
Fungsi Kuadrat 1 1 3 2 1 3 11
Baris dan Deret 2 2 3 1 1 1 10
Pertidaksamaan 1 1 1 3 1 1 8
TPA 2 1 3 0 1 0 7
Eksponen (akar/pangkat) 1 1 1 2 1 1 7
Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat 1 1 0 1 2 2 7
Statistika 1 2 1 1 2 0 7
Logaritma 1 1 1 2 1 0 6
Trigonometri 1 0 0 1 0 4 6
Fungsi Komposisi dan Invers 1 1 1 1 2 0 6
Matriks 1 1 1 1 1 0 5
Sukubanyak 0 0 0 0 1 4 5
Peluang 0 0 1 1 1 1 4
Turunan 0 0 0 2 0 2 4
Persamaan Garis 0 0 0 1 0 2 3
Program Linear 1 1 0 1 0 0 3
Persamaan Lingkaran 0 0 0 0 0 2 2
Transformasi Geometri 0 0 0 0 0 2 2
Integral 0 0 0 0 0 2 2
Dimensi Tiga 0 0 0 0 0 1 1
Logika 1 0 0 0 0 0 1
Limit 0 0 0 0 0 1 1
Himpunan 0 1 0 0 0 0 1
Vector 0 0 0 0 0 0 0

Khusus untuk subjek matematika (baik matdas maupun math saintek) perlu lo catat bahwa chart ini dibuat dengan asumsi bahwa “1 soal SBMPTN bisa mencakup beberapa topik”, karena memang 1 soal dalam matematika kadang tidak hanya merepresentasikan 1 topik seperti dalam pelajaran lain. Bisa jadi 1 soal dalam matematika itu mencakup pertidaksamaan, persamaan kuadrat, dan eksponen. Jadi untuk bisa menjawab 1 soal, diperlukan penguasaan 3 konsep matematika.

Jadi kalo lo perhatikan materi “persamaan kuadrat” yang menjadi topik paling banyak keluar, sebetulnya lebih tepat diterjemahkan sebagai sebuah materi yang sangat fundamental & penting untuk dikuasai karena dibutuhkan untuk menjawab berbagai macam soal dalam topik-topik lain, seperti (katakanlah) fungsi kuadrat, persamaan linear, pertidaksamaan, dll.

Catatan kedua untuk chart matdas ini adalah adanya topik “TPA”. Mungkin ada beberapa di antara lo yang heran kenapa ada TPA di chart di atas. Perlu lo ketahui bahwa sebelum nama tes masuk PTN jadi “SBMPTN” di tahun 2013, subjek TPA dan Matematika Dasar seringkali dicampur dan digabungkan dalam 1 sesi tes (dalam chart di atas berarti berlaku untuk SNMPTN 2011 & 2012). Jadi, simpelnya bisa dibilang lo abaikan aja topik TPA dalam chart di atas karena sebetulnya udah gua alokasikan pada chart sebelumnya.

TKPA : Bahasa Indonesia & Inggris.

Nah, untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, gua nggak bisa menampilkan topik materi yang paling sering keluar. Karena memang ya tipe soal yang keluar di SBMPTN dari dulu selalu sama untuk kedua pelajaran ini, yaitu PERTANYAAN DARI BACAAN. Jadi ya mau gak mau, memang lo harus belajar kemampuan Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris yang benar, agar bisa menjawab pertanyaan dari bacaan dengan tepat dan cepat.

SAINTEK : Matematika IPA

Topik / Materi SNMPTN 2011 SNMPTN 2012 SBMPTN 2013 SBMPTN 2014 SBMPTN 2015 SBMPTN 2016 TOTAL
Trigonometri 4 5 4 1 4 4 22
Persamaan Kuadrat 4 4 4 4 3 0 19
Turunan 3 1 2 2 2 2 12
Peluang 2 3 3 1 2 1 12
Integral 2 2 3 2 1 2 12
Sukubanyak 1 1 1 2 2 4 11
Fungsi Kuadrat 0 1 3 3 1 3 11
Persamaan Garis 2 0 2 1 2 2 9
Persamaan Lingkaran 1 2 1 1 1 2 8
Pertidaksamaan 0 4 2 0 1 1 8
Vector 3 2 1 1 1 0 8
Limit 2 1 1 1 1 1 7
Transformasi Geometri 1 1 1 0 1 2 6
Dimensi Tiga 1 1 1 1 1 1 6
Baris dan Deret 0 0 0 2 2 1 5
Eksponen & Logaritma 0 0 0 1 2 1 4
Fungsi Komposisi dan Invers 2 0 1 0 0 0 3
Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat 0 0 0 1 0 2 3
Matriks 0 0 0 1 0 0 1

Oke, lagi-lagi kita bisa lihat bahwa persamaan kuadrat adalah topik yang sangat fundamental untuk dipahami karena konsep dasarnya dibutuhkan untuk menjawab banyak soal di topik lain, diikuti trigonometri, peluang, turunan, integral, sukubanyak. Berikut adalah link pembahasan materi dari topik-topik tersebut:

  • Persamaan Kuadrat
  • Trigonometri
  • Peluang
  • Turunan
  • Integral
  • Fungsi Kuadrat
  • Sukubanyak

SAINTEK : Fisika

Topik / Materi SNMPTN 2011 SNMPTN 2012 SBMPTN 2013 SBMPTN 2014 SBMPTN 2015 SBMPTN 2016 TOTAL
Gerak Lurus 3 1 2 1 2 1 10
Elektromagnet 2 1 2 2 1 1 9
Usaha dan Energi 1 2 0 2 1 3 9
Listrik Dinamis 2 2 1 2 1 1 9
Dinamika Partikel dan Hukum Newton 1 0 1 0 2 2 6
Bunyi 1 1 1 1 1 1 6
Termodinamika 1 0 1 1 1 2 6
Teori Kinetik Gas 0 0 0 1 2 2 5
Fisika Inti 1 1 1 2 0 0 5
Fluida 1 1 1 0 1 1 5
Relativitas Khusus 0 1 1 0 1 1 4
Optika Geometri 0 1 0 1 1 1 4
Gelombang Mekanik 2 1 1 0 0 0 4
Suhu dan Kalor 1 1 1 0 0 0 3
Elastisitas 0 1 0 1 0 1 3
Listrik Statis 0 0 1 0 1 1 3
Gerak Harmonik Sederhana 0 0 0 1 0 2 3
Fisika Kuantum/ Atom 1 0 0 0 1 0 2
Listrik Bolak-Balik 0 0 0 1 1 0 2
Hukum Newton dan Gravitasi 0 0 0 2 0 0 2
Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar 0 0 1 0 0 1 2
Optika Fisis 0 0 1 0 1 0 2
Kinematika dengan Analisis Vektor 0 0 0 0 0 1 1
Gelombang Elektromagnetik 0 1 0 0 0 0 1
Impuls dan Momentum 0 0 0 0 1 0 1
Gerak Melingkar Beraturan 0 0 0 0 0 0 0
Besaran, Satuan, dan Vektor 0 0 0 0 0 0 0

Oke dalam proses pembuatan chart di atas ini, ternyata kita bisa membuatnya dengan perhitungan asumsi bahwa “1 soal hanya merepresentasikan 1 topik”. Jadi melalui grafik di atas ini, emang bisa keliatan bahwa topik-topik yang sering keluar dalam SBMPTN 5 tahun terakhir adalah materi gerak lurus, elektromagnet, listrik dinamis, usaha-energi, dll. Berikut adalah link pembahasan materi dari topik-topik tersebut:

  • Gerak Lurus
  • Elektromagnet
  • Listrik Dinamis
  • Usaha & Energi
  • Fisika Inti

SAINTEK : Biologi

Topik / Materi SNMPTN 2011 SNMPTN 2012 SBMPTN 2013 SBMPTN 2014 SBMPTN 2015 SBMPTN 2016 TOTAL
Biokimia 0 1 0 0 1 2 4
Sel 0 0 1 1 1 2 5
Bioteknologi 1 1 0 0 1 2 5
Ekosistem 1 0 1 1 1 0 4
Klasifikasi Makhluk Hidup 2 1 0 1 0 4 8
Perubahan Lingkungan & Konservasi 0 1 1 0 2 1 5
Persilangan dan Mutasi 2 1 1 0 0 1 5
DNA, RNA, Kromosom 0 0 1 2 2 2 7
Pembelahan Sel 1 1 1 2 0 0 5
Evolusi 1 2 1 0 1 1 6
Ciri Makhluk Hidup & Perannya 1 3 2 1 1 2 10
Struktur dan Fungsi pada Tumbuhan 3 1 1 3 1 3 12
Metabolisme Sel 2 2 1 2 2 1 10
Sistem Organ Manusia 1 3 3 1 3 1 12

Sesuai dengan chart di atas, topik yang paling sering ditanyakan dalam SBMPTN Biologi adalah sistem organ manusia, matebolisme sel, struktur & fungsi tumbuhan, dll. Berikut adalah link video pembahasan dari materi-materi tersebut:

  • Sistem Organ Manusia
  • Metabolisme Sel
  • Struktur & Fungsi pada Tumbuhan
  • Ciri Makluk Hidup dan perannya
  • Evolusi

Perlu dicatat bahwa materi “Ciri Makhluk hidup dan perannya” itu pada dasarnya mencakup hampir seluruh pelajaran Biologi kelas X SMA. Materi Biologi kelas X SMA sebagian besar adalah tentang klasifikasi makhluk hidup dan ciri-ciri dari tiap Kingdom kehidupan.

SAINTEK : Kimia

Topik / Materi SNMPTN 2011 SNMPTN 2012 SBMPTN 2013 SBMPTN 2014 SBMPTN 2015 SBMPTN 2016 TOTAL
Stoikiometri 2 2 3 1 3 3 14
Struktur atom, sistem periodik dan Ikatan kimia 2 1 2 2 2 2 11
Kesetimbangan 1 2 2 3 1 1 10
Termokimia 2 1 2 1 1 1 8
Laju reaksi 1 1 1 1 1 1 6
Larutan dan teori asam basa 1 2 0 1 1 1 6
Sifat koligatif 1 1 1 1 1 1 6
Elektrolisis 1 1 1 1 1 0 5
Larutan Buffer 0 0 1 0 1 1 3
Reaksi redoks 1 0 0 0 1 1 3
Sel volta 0 1 0 1 0 1 3
Senyawa turunan alkana 1 0 0 1 1 0 3
Reaksi Senyawa Karbon 0 1 1 0 0 1 3
Biomolekul 1 1 0 0 1 0 3
Kimia unsur 0 1 0 1 0 0 2
Hidrolisis garam 0 0 1 0 0 0 1
Kelarutan dan reaksi pengendapan 0 0 0 1 0 0 1
Hidrokarbon 0 0 0 0 0 1 1
Koloid 1 0 0 0 0 0 1
Benzena dan polimer 0 0 0 0 0 0 0
Radioaktif 0 0 0 0 0 0 0
Kimia lingkungan 0 0 0 0 0 0 0

Oke, bisa dilihat dari chart di atas bahwa topik stoikiometri, kesetimbangan, termokimia, struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia adalah materi fundamental yang wajib banget lo kuasai. Dengan lo mengetahui 6 topik itu aja, bisa dibilang (moga-moga) udah lumayan cukup meng-cover banyak soal di SBMPTN Kimia nanti. Berikut adalah link video pembahasan dari topik-topik yang paling sering keluar, sesuai dengan chart grafik di atas:

  • Stoikiometri
  • Kesetimbangan
  • Struktur Atom, Sistem Periodik
  • Ikatan Kimia
  • Termokimia

SOSHUM : Sejarah

Pelajaran sejarah bisa dibilang paling gampang untuk diklasifikasikan, karena memang pengkategoriannya jelas berdasarkan timeline.

Topik / Materi SNMPTN 2011 SNMPTN 2012 SBMPTN 2013 SBMPTN 2014 SBMPTN 2015 SBMPTN 2016 TOTAL
Orde Baru dan Reformasi 2 3 0 0 3 2 10
Kerajaan Islam 1 1 2 2 0 2 8
Politik Etis dan Pergerakan nasional 1 1 1 2 2 1 8
Hindu-Buddha 1 1 1 1 2 1 7
Prasejarah 2 1 0 1 1 1 6
Peradaban Kuno 1 1 1 1 1 1 6
Organisasi Internasional 3 1 1 0 0 1 6
Revolusi Kemerdekaan Indonesia 1 2 0 2 1 0 6
Kependudukan Jepang 0 0 2 1 0 2 5
PD I dan II 0 0 1 1 1 2 5
Metode dan Ilmu Sejarah 1 1 0 0 1 1 4
Nasionalisme di Asia dan Dunia 1 0 3 0 0 0 4
Hindia Belanda 1 0 1 1 0 0 3
Renaissance dan Revolutie 0 1 0 1 1 0 3
Demokrasi Liberal 0 0 1 2 0 0 3
Perubahan Politik Dunia 1970 – 1999 0 1 1 0 0 0 2
Demokrasi Liberal 0 0 0 0 0 1 1
Kependudukan Belanda – VOC 0 1 0 0 0 0 1
Perang Dingin 0 0 0 0 1 0 1
Demokrasi Terpimpin 0 0 0 0 1 0 1

Sip, bisa dilihat berdasarkan chart persebaran soal SBMPTN Sejarah tahun 2011-2015 bahwa topik-topik tertentu cukup frekuentif dan selalu keluar dalam SBMPTN 5 tahun terakhir. Berikut adalah link video pembahasan materi dari topik-topik yang sering keluar di SBMPTN Sejarah:

  • Orde Baru & Reformasi
  • Politik Etis dan Gerakan Nasional
  • Revolusi Kemerdekaan
  • Kerajaan Islam
  • Kerajaan Hindu-Buddha

SOSHUM : Sosiologi

Topik / Materi SNMPTN 2011 SNMPTN 2012 SBMPTN 2013 SBMPTN 2014 SBMPTN 2015 SBMPTN 2016 TOTAL
Konflik & Integrasi Sosial 1 2 1 1 4 4 13
Struktur, Diferensiasi, Stratifikasi Sosial 1 2 1 2 2 3 11
Perubahan Sosial 1 1 0 3 2 2 9
Interaksi Sosial 1 2 1 1 1 2 8
Perilaku Menyimpang & Pengendalian Sosial 1 1 2 1 1 1 7
Masyarakat Multikultural 2 0 1 1 2 1 7
Kelompok & Dinamika Sosial 1 0 2 1 1 1 6
Sosialisasi & Kepribadian 0 2 1 2 0 0 5
Mobilitas Sosial 2 0 1 1 1 0 5
Modernisasi & Globalisasi 2 1 1 1 0 0 5
Lembaga Sosial 0 2 0 0 1 1 4
Pengetahuan Sosiologi 0 1 1 1 0 0 3
Penelitian Sosial 1 1 1 0 0 0 3
Nilai & Norma Sosial 2 0 0 0 0 0 2

Nah, berdasarkan chart di atas, kita bisa ngeliat jelas banget bahwa topik struktur sosial, perubahaan sosial, sosialisasi & kepribadian, serta konflik & integrasi sosial tuh jomplang banget dibandingkan topik-topik yang lain. Jadi, buat lo yang ingin mengalokasikan waktu secara efektif untuk belajar sosiologi, bisa fokus pada 4 topik berikut ini:

  • Struktur Sosial
  • Perubahan Sosial
  • Sosialisasi & Kepribadian
  • Konflik dan Integrasi Sosial

SOSHUM : Ekonomi

Topik / Materi SNMPTN 2011 SNMPTN 2012 SBMPTN 2013 SBMPTN 2014 SBMPTN 2015 SBMPTN 2016 TOTAL
Permintaan, Penawaran, Kesetimbangan 1 2 3 2 3 2 13
Dasar-dasar akuntansi 4 2 2 2 1 1 12
Manajemen & Kewirausahaan 2 1 1 3 2 2 11
Badan Usaha Perekonomian Indonesia 1 1 1 1 2 2 8
Pertumbuhan & Pembangunan Nasional 1 2 1 0 2 1 7
Konsep Dasar & masalah Ekonomi 1 1 1 1 2 1 7
Biaya Produksi, Penerimaan, dan Rugi Laba 1 1 1 0 1 2 6
Kebijakan Moneter, Fiskal, Pajak Nasional 1 2 2 0 0 0 5
Pendapatan Nasional, APBN, dan APBD 1 0 0 0 2 2 5
Inflasi & Deflasi 0 1 1 3 0 0 5
Perilaku Konsumen & Produsen 0 2 1 2 0 0 5
Uang, Bank, & Lembaga Keuangan 1 0 1 1 0 0 3
Konsep Pasar 1 0 0 0 0 0 1
Ketenagakerjaan & Pengangguran 0 0 0 0 0 1 1
Manajemen Perekonomian Internasional 0 0 0 0 0 1 1

Untuk bikin chart ini terus terang dasar pembagian topiknya agak ribet karena konsep materi dalam ekonomi bertumpuk satu sama lain. Maksudnya bertumpuk gimana? Contohnya, konsep “makroekonomi” yang cakupannya sangat luas, dimana di dalamnya terdapat sub topik lain seperti konsep inflasi, deflasi, kurs mata uang asing, kebijakan moneter, fiskal, GDP, GNP, dll.

Nah, oleh karena itu link track list video di zenius jadi agak tumpang tindih karena beberapa konsep dalam sub topik ekonomi bisa jadi diajarkan secara terpisah pada sub-sub topik yang lain. Untuk itu, walaupun di bawah ini gua share beberapa link terkait topik prioritas di atas, sebetulnya gua menyarankan lo untuk menggali lebih dalam pada video pembahasan ekonomi dari kelas X, dan kelas XI:

  • Konsep Dasar Ekonomi
  • Hukum Kesetimbangan Ekonomi: Permintaan & Penawaran
  • Makroekonomi: Pengukuran aktivitas ekonomi, GDP, dll
  • Makroekonomi: Kebijakan Moneter & Fiskal
  • Manajemen dan Kewirausahaan
  • Makroekonomi : Kurs Mata Uang Internasional

SOSHUM : Geografi

Topik / Materi SNMPTN 2011 SNMPTN 2012 SBMPTN 2013 SBMPTN 2014 SBMPTN 2015 SBMPTN 2016 TOTAL
SDA & Lingkungan 1 2 2 1 2 1 9
Litosfer & Pedosfer 2 1 2 1 2 1 9
Atmosfer 1 3 1 1 1 1 8
Biosfer 1 1 2 0 1 2 7
Pola Keruangan desa-kota 1 1 1 2 1 1 7
Wilayah & Perwilayahan 1 2 1 1 1 1 7
Hidrosfer 1 1 1 2 1 1 7
Penginderaan Jauh 2 1 1 1 1 1 7
Antroposfer 0 1 1 2 1 1 6
Pengetahuan Peta & Pemetaan 0 1 1 1 1 1 5
Geografi Regional Dunia 1 1 1 0 1 1 5
Jagat Raya, Tata Surya, Bumi 1 0 0 1 1 1 4
Persebaran Industri 1 1 1 1 0 0 4
Konsep Dasar Geografi 1 0 0 0 1 1 3
Mitigasi & Adaptasi Bencana 0 0 0 0 0 1 1

 

Dibandingkan dengan chart persebaran soal SBMPTN pelajaran lain, chart untuk Geografi ini itungannya emang rada unik sendiri. Kenapa? Karena setelah gua telusuri, hampir selalu soal-soal yang keluar itu merata di setiap topik dari tahun 2011-2016. Kebanyakan jumlah soal per topiknya adalah masing-masing 1 soal. Makanya pada chart juga lo bisa lihat kebanyakan merata pada angka 5. Artinya topik-topik tersebut secara konsisten selalu menyumbangkan 1-2 soal dari tahun ke tahun. Berdasarkan hal itu, khusus untuk pelajaran Geografi, gua gak menyarankan untuk fokus di 2-3 topik doang. Melainkan perlu belajar secara merata dan seimbang. Nah, berikut adalah video pembahasan materi Geografi SBMPTN.

Moga-moga data distribusi frekuensi soal yang sering keluar di SBMPTN ini bisa membantu lo semua dalam menentukan prioritas dan fokus pada topik-topik yang penting serta fundamental untuk dikuasai. Namun di sisi lain, perlu gua ingatkan juga untuk jangan terlalu mengandalkan chart persebaran soal ini untuk semua mata pelajaran, karena biar bagaimanapun juga tidak ada jaminan bahwa komposisi soal SBMPTN tahun 2016 ini akan berubah jauh daripada tahun-tahun sebelumnya.

Jadi saran gua, lo boleh menggunakan chart di atas sebagai patokan prioritas untuk beberapa mata pelajaran yang lo nilai udah sulit lo kejar kalo baru mulai belajar dari sekarang. Contoh misalnya lo bener-bener buta sama sekali soal pelajaran sejarah, sementara selama ini lo fokus belajar TKPA, dan pelajaran soshum yang lain. Nah, dengan adanya chart di atas, memang ada baiknya lo alokasikan waktu yang tersisa ini dengan belajar Sejarah untuk topik-topik yang sering keluar sesuai dengan chart di atas supaya lebih efisien. Siapa tau senggaknya lo bisa bener 5-7 soal dari 15 soal di pelajaran Sejarah. Lumayan banget kan??

Tapi untuk pelajaran-pelajaran yang memang udah betul-betul cukup lo kuasai secara mendalam, saran gua lo tetap fokus untuk maksimalkan point dari mata pelajaran itu dengan sebaik mungkin. Jangan sampai lo terlalu mengandalkan chart di atas dan HANYA belajar dari topik-topik yang paling sering keluar… karena kalo sikap lo begitu, gua khawatir lo malah jadi kalah bersaing point dengan para pesaing lo yang berupaya maksimal mendulang point pada  setiap mata pelajaran. Jadi sekali lagi, gunakan data yang gua share ini dengan bijak agar pengalokasian waktu dan energi lo bisa tersalurkan dengan efektif di waktu yang tersisa, tapi perlu dicatat bahwa chart ini bukan jaminan komposisi soal yang nanti keluar di SBMPTN 2016 akan sama persis. Oke deh, demikian sharing gua kali ini, moga-moga bermanfaat!

Sumber : zenius,net

Postingan Terkait:


Tags: #sbmptn

  1. author

    Ervina9 months ago

    Kak kalau misalnya gagal di SNMPTN gimana cara nya biar bisa ikut SBMPTN? Sedangkan katanya pengumuman SNMPTN itu pas tes SBMPTN, gimana kak?

    Reply

Leave a reply "Materi Yang Paling Sering Keluar Di SBMPTN?"

Must read×

Top