Kunci Jawaban Soal UN SMP 2016 Palsu

In News

Kunci Jawaban Soal UN SMP 2016 Palsu


Kunci Jawaban Soal UN SMP 2016 Palsu | Kunci jawaban soal UN SMP 2016 yang beredar jelang Ujian Nasional pada 9-12 Mei dipastikan palsu. Oleh karenanya, siswa diharapkan tidak percaya begitu saja jika ada yang menyodorkan bocoran jawaban Ujian Nasional. Distribusi soal UN sendiri dikawal polisi dan dijaga kerahasiaannya. Sehingga, hampir mustahil terjadi kebocoran.

Jadwal UN SMP 2016 yang dilangsungkan selama empat hari sejak Senin hingga Kamis, 9-12 Mei 2016, kadang memberikan tekanan tersendiri kepada siswa. Tidak jarang yang kemudian mencari ‘bantuan khusus’ agar bisa meraih nilai UN yang memuaskan. Salah satunya adalah, dengan mencari atau membeli kunci jawaban UN yang beredar.

Di era teknologi yang serba canggih ini, segalanya akan dengan mudah tersebar di internet, meski belum mendapatkan filter. Begitu pula, bukan tidak mungkin siswa SMP menemukan link atau dokumen yang diklaim sebagai bocoran jawaban UN, meskipun belum tentu ‘bocoran yang asli.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar Bantul, Totok Sudarto, menegaskan agar siswa peserta UN percaya pada hasil belajar mereka sendiri, dan bukan bergantung pada kunci jawaban yang kebenarannya tidak bisa dibuktikan. Totok Sudarto, dikutip Inilah.com menyebut, “Anak-anak jangan mempercayai dengan bocoran kunci jawaban soal Ujian Nasional (UN), itu tidak benar, karena (kalau ada bocoran) pasti (bocoran tersebut berasal) dari orang yang tidak bertanggung jawab.”

Distribusi soal UN SMP sendiri melalui proses yang aman. Sejak disetorkan dari pihak percetakan di Jakarta sampai tiba ke masing-masing sekolah, ada pengawalan ketat dari pihak berwajib. Oleh karenanya, Totok menambahkan, ” Kalau ada kunci jawaban (UN SMP) itu bohong, dan justru (rasa percaya pada bocoran) akan menjerumuskan siswa.”

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sondia Warman SH. Ia menyiratkan pentingnya siswa belajar dengan tekun, sehingga tidak tertarik oleh iming-iming bocoran soal UN dan kunci jawaban. Sondia mengatakan kepada Tribunpekanbaru.com, “Kita minta (siswa) percaya dengan kemampuan sendiri.”

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Tags: #News

Leave a reply "Kunci Jawaban Soal UN SMP 2016 Palsu"

Must read×

Top