Jika Kunci Jawaban Akurat, UN SMP Diminta Diulang

In News

Jika Kunci Jawaban Akurat, UN SMP Diminta Diulang

Jika Kunci Jawaban Akurat, UN SMP Diminta Diulang | Peredaran dugaan kunci jawaban UN SMP 2016 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, meresahkan masyarakat. Bahkan, desakan agar Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang dan pihak kepolisian mengusut tuntas kasus ini terus menggelinding.

Tak hanya DPRD Jombang, kalangan Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Jombang juga mendesak agar temuan beredarnya kunci jawaban mata pelajaran matematika itu ditindaklanjuti dengan serius.

“Secara tupoksi kami ingin Dinas Pendidikan mendorong polisi untuk mengusut temuan ini. Karena faktanya ada. Mulai dari facebook, hingga lembar jawaban yang difotokopi. Mestinya polisi punya kemampuan melacak itu,” ujar Devisi Kebijakan dan Mediasi Dewan Pendidikan Jombang Sutono Abdillah.

Kendati demikian, pihaknya belum dapat memastikan tingkat kecocokan kunci jawaban UN SMP 2016 yang beredar di kalangan siswa itu dengan materi soal yang diujikan. Hingga kini, Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang masih meneliti berkas tersebut.

“Hari ini, ada teman anggota Dewan Pendidikan yang ke sana (sekolah) untuk mencocokan kunci jawaban UN SMP 2016 yang ditemukan dengan soal itu. Tapi hasilnya saya belum tahu,” imbuhnya.

Sutono menambahkan, hampir setiap UN berlangsung, kabar keberadaan kunci jawaban yang dibeli siswa acap kali terdengar. Sehingga, sudah menjadi kewajiban untuk penegak hukum melakukan tindak lanjut.

“Kalau memang nanti hasilnya mendekati 100 persen, kunci itu memang bocoran. Seharusnya polisi lebih ngotot lagi untuk melakukan pengusutan,” terangnya.

Di sisi lain, ujar Sutono, pelaksanaan UN SMP juga sebaiknya diulang jika akurasi kunci jawaban tersebut sangat tinggi. “Rekomendasi seperti dulu, harus diulang. Dulu pernah terjadi hal seperti ini. kalau tidak salah di Jawa Tengah dan diulang. Kalau tidak diulang berarti tidak lulus semuanya,” tandasnya.

Sumber : news.okezone .com

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Tags: #News

Leave a reply "Jika Kunci Jawaban Akurat, UN SMP Diminta Diulang"

Must read×

Top