Jadwal UN SD, SMP/MTS, SMA/SMK Tahun 2017

In Jadwal, UN

Jadwal UN SD, SMP/MTS, SMA/SMK Tahun 2017 | Ujian Nasional atau biasa disingkat dengan  UN / UNAS merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Lalu Kapan UN tahun 2017 di selenggarakan ?  Mungkin pertanyaan itu yang masih ramai dibicarakan saat ini bahkan kabar yang beredar saat ini bahwa UN ditiadakan. namun setelah mendapat informasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa ujian nasional tetap dilaksanakan pada tahun 2017, Sebelumnya Muhadjir mengusulkan agar UN  dihapuskan, namun pada akhirnya Presiden Joko Widodo memutuskan ujian nasional tetap dilaksanakan dengan melakukan beberapa penyempurnaan.

“Ujian Nasional tetap dilaksanakan di tahun 2017. Kita juga tingkatkan mutu ujian sekolah dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk beberapa mata pelajaran. Kemendikbud juga akan memperluas pelaksanaan ujian berbasis komputer,” kata Mendikbud dalam pernyataannya usai Rakor Ujian Nasional di kantornya, Jakarta, Kamis(22/12/2016).

Penyelenggaraan UN di tahun 2017 ini akan dijadwalkan pada bulan April sampai dengan Mei, dengan rincian sebagai berikut :

  • SMK pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017,
  • SMA/MA pada tanggal 10 sampai dengan 13 April.
  • SMP/MTs dirancang dalam dua gelombang :
    – Gelombang pertama dijadwalkan pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei
    – gelombang kedua dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 10, 16 Mei.

Penyelenggaraan ujian nasional (UN) dilaksanakan diakhir semester kedua atau genap. penyelanggaraan ujian nasional dilaksanakan serentak secara nasional sesuai dengan jenjang pendidikan. Pelaksanaan ujian nasiona (UN) didahului oleh jenjang pendidikan SMA (Sekolah Menengah Atas) , kemudian SMP (sekolah menengah pertama) dan yang terakhir SD (Sekolah dasar).

Adapun sekolah juga perlu mengetahui Pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional dinyatakan dalam kategori Sangat Baik, Baik, Cukup, dan Kurang. Penilaian pencapaian kompetensi lulusan didasarkan pada rentang nilai 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut:

  • Sangat Baik (85 < Nilai ≤ 100)
  • Baik (70 < Nilai ≤ 85)
  • Cukup (55 < Nilai ≤ 70)
  • Kurang (0 ≤ Nilai ≤ 55)

Sekian informasi Mengenai Jadwal UN SD, SMP/MTS, SMA/SMK Tahun 2017, Semoga dapat bermanfaat

Postingan Terkait:


Tags: #SD #SMA #SMK #SMP #UN

Leave a reply "Jadwal UN SD, SMP/MTS, SMA/SMK Tahun 2017"

Must read×

Top