Hindari Kecurangan, Pengawasan SBMPTN Diperketat

In News, sbmptn

Hindari Kecurangan, Pengawasan SBMPTN Diperketat

Hindari Kecurangan, Pengawasan SBMPTN Diperketat | Sistem pengawasan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), yang akan berlangsung pada 31 Mei mendatang, di Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang, Kota Magelang, akan terus diperketat akibat masih maraknya kasus perjokian.
Dituturkan oleh Hadi Rianto, selaku penanggung jawab lokasi SBMPTN 2016 Kota Magelang, bahwa pengawas ujian akan diintruksikan untuk melakukan penggeledahan kepada para peserta sebelum memasuki ruang ujian.

Karena itu, dalam setiap ruangan akan ditempatkan masing-masing satu pengawas laki-laki dan perempuan.
“Penggeledahan tidak hanya meliputi tas saja, tapi hingga tubuh peserta, hal seperti itu dilakukan guna menghindari pemakaian alat perjokian yang semakin hari semakin canggih, makanya setiap ruangan kami tempatkan satu pengawas laki-laki dan satu perempuan,” tandasnya.
Selain menggiatkan sistem penggeledahan atau pemeriksaan, Hadi juga menegaskan kalau setiap peserta nantinya hanya diperbolehkan membawa alat tulis semisal pensil, penghapus dan rautan saja ke meja ujian.

Selain itu, dirinya juga menjabarkan beragam masalah yang kemungkinan akan terjadi selama proses SBMPTN 2016, sesuai dengan pengalaman-pengalaman sebelumnya, yaitu ketidakjelasan identitas peserta yang seringkali tidak membawa kartu peserta, ijazah, ataupun dokumen lainnya.
“Kalau dijumpai kasus seperti itu, peserta yang bersangkutan tetap kami persilahkan mengikuti ujian, namun namanya harus dicatat di berita acara ujian dan harus melapor atau menghadap panitia lokal setelah selesai ujian,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Penerinaan Mahasiwa Baru Untidar Magelang, Nuwun Priyono, mengaku bahwa pihaknya telah melangsungkan agenda sosialisasi pelaksanaan SBMPTN 2016, pada 24-26 Mei 2016, dengan mengambil lokasi selain di Kampus Untidar sendiri, juga di lima sekolah negeri di Kota Magelang.
“Sosialisasi pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2016 sudah kami lakukan pekan lalu, pesertanya dari seluruh panitia dan pengawas yang akan bertugas nanti,” tandas Priyono. (tribunjogja.com)

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Tags: #News #sbmptn

Leave a reply "Hindari Kecurangan, Pengawasan SBMPTN Diperketat"

Must read×

Top