Cara Mendiagnosis kerusakan jaringan computer

In TKJ
Dalam Sistem jaringan LAN (local Area  Network) Komponen satu dengan komponen lainya saling berkaitan dan berhubungan, Maka dalam proses mendiagnosis kerusakan pada jaringan computer haruslah di lakukan dengan terstruktur dan sistematis. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam melakukan proses perbaikan jaringan computer. Selain melakukan perbaikan perlu juga dilakukan perawatan secara berkala (Rutin)  agar kondisi jaringan bias optimal dan normal. Jangan hanya melakukan perawan ketika sudah terjadi kerusakan jaringan computer, karena dengan melakukan perawatan secara berkala biaya yang di keluarkan akan lebih sedikit di bandingkan dengan melakukan perawaran saat sudah terjadi kerusaan. Biasanya kinerja jaringan computer yang tidka terawatt dapat menyebabkan komunikasi data manjadi terhambat atau lambat.
Cara Mendiagnosis kerusakan jaringan computer
Nah di bawah fokusbelajar.com akan mengulas, menganai Cara Mendiagnosis kerusakan pada jaringan computer, mungkin bahasa yang saya gunakan tidaklah terlalu baku, ya di sini saya menggunakan bahasa sehari-hari agar memudahkan anda dalam memahami maksud dari isi artikel ini . baik lanjut ke topik pembahasan .. cekidooott ..
Kerusakaan dalam suatu jaringan computer biasanya berkaitan erat dengan komponen hardware (perangkat keras) maupun software (perangkat lunak) , nah langsung saja simak baik-baik :
  1. Kerusakan pada Komputer server
    Server merupakan sebuah computer yang biasanya dikhususkan untuk menyimpan Data atau sistem operasi yang berbasis network atau dalam bahas inggris Network Operating System. Biasanya berisikan daftar User (pengguna) yang boleh masuk ke server tersebut. Jadi apabila computer server mengalami permasalahan atau kerusakan, secara otomatis keseluruhan tidak berfungsi sarena server murupakan pintu masuk dan pusat jaringan tersebut.
  2. Permasalahan pada Workstation
    Workstation adalah computer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan computer tersebut dengan computer lainya atau computer tersebut dengan server. Pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data (berbagi data ), sharing Printer  dan sebagainya. Apabila terjadi kerusakan pada komputer workstation tersebut tidak dapat masuk kedalam jaringan sehingga tidak dapat berkomunikasi dalam computer server maupun komputerlainya dalam jaringan tersebut.
  3. Kerusakan pada Hab/Swich.
    Hub/swich merupakan terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jadi, jika Hub mengalami kerusakaan berarti keseluruhan jaringan tidak berfungsi , baik untuk komunikasi antar Workstation maupun workstation dengan computer server.
    Kerusakan Hub dapat dilihat pada lampu indicator power dan lampu indikator untuk masih masih workstation . apabila lampu indikator power Hub/swich  mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak.  Jika anda lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa computer workstation sedang tidak aktif (tidak hisup) atau ada gangguan pada computer workstation tersebut.
  4. Kerusakan Network Interface Card (Kartu jaringan)
    Sebuah kartu jaringan (LAN Card) Terpasang pada sebuh komputer server dan workstation sehingga komputer dapat di hubungkan dalam sistem jaringan . apabila terjadi gangguan kerusakaan pada kartu jaringan maka akibatnya computer tersebut tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan.
    indokator yang dapat dilihat dalam kerusakaan kartu jaringan adalah matinya lampu indikator yang terdapat pada kartu jaringan dan lampu indikator Hub/Swich saat computer  telah hidup dan koneksi kabel jaringan dan hub/swich telah baik
  5. Masalah pada kabel dan konektor
    kabel dan konektor merupakan media penghubung computer dengan computer lainya atau dengan dengan peralatan lain yang terhubung membentuk suatu jaringan.
    jadi jika terjadi kerusakan konektor atau putusnya kabel utp dapat menyebabkan tidak terhubungnya computer dengan computer lainya.
    ada 3 jenis kebel dan konektor dalam jaringan lan . Karena Pembahasan ini sudah cukup panjang akan saya bahas mengenai macam-macam kabel dan konektor dalam karingan lan.
Itu dia pembahasan yang cuku banyak  mengenai ‘Cara mendiagnosis kerusakan pada jaringan computer, yang sekitar 550 huruf lebih ,semoga bermanfaat .

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Tags: #TKJ

Leave a reply "Cara Mendiagnosis kerusakan jaringan computer"

Must read×

Top