Beredar Kunci Jawaban UN Matematika SMP Di Jombang

In News

Kunci Jawaban UN Matematika

Beredar Kunci Jawaban UN Matematika SMP di Jombang, Diduga Bocor | Kunci jawaban ujian Nasional (UN) SMP/MTs untuk pelajaran Matematika di Kabupaten Jombang, diduga bocor. Itu setelah peserta UN di SMPN 4 mendapatkan kunci jawaban yang disebarkan dalam bentuk lembaran. Beredarnya kunci jawaban Matematika itu dikonfirmasi oleh salah seorang peserta UN di SMPN 4 berinisial RA.

“Memang kita mendapatkan kunci jawaban mata pelajaran matematika. Kita mendapatkan dari seseorang. Kemudian menyebar dari murid ke murid,” kata RA kepada wartawan, Selasa (10/5/2016).

Memang hari ini, peserta UN SMP mengerjakan soal mata pelajaran Matematika. Namun, pagi tadi sebelum ujian dimulai, peserta UN di SMPN 4 banyak yang pergi ke tempat fotocopy untuk menggandakan lembaran kertas yang berisi kunci jawaban tersebut.

“Tulisannya kecil-kecil. Saya tidak sempat membaca karena tulisannya terlalu kecil. Yang pasti memang ada banyak pelajar yang fotocopy di sini,” ujar Wuliyati, pemilik usaha fotocopy tak jauh dari SMPN 4 Jombang.

Di tempat fotocopy ini, masih tersisa kopian lembar kunci jawaban Matematika yang kondisinya tak seberapa jelas. Pada lembaran tersebut, terdapat 8 paket jawaban. Setiap paket terdiri dari 40 jawaban yang berupa huruf A-D. Belum diketahui betul keaslian kunci jawaban tersebut dan siapa yang menyebarkannya.

Kepala SMPN 4 Jombang Kuncorowati mengaku terkejut dengan beredarnya kunci jawaban tersebut. Pihaknya membantah jika pihak sekolah yang memberikan kunci jawaban tersebut kepada para siswa.

“Kami hanya memberikan murid rasa percaya diri dan kejujuran. Selain itu juga meminta mereka rajin belajar. Kalau ada lembar kunci jawaban beredar, kami tidak tahu,” terangnya.

UN tingkat SMP sederajat dilaksanakan 9-12 Mei 2016. UN kali ini diikuti sebanyak 23.848 pelajar, dengan rincian 13.388 peserta dari SMP, 9.680 dari MTs, 13 peserta dari SMPLB, dan 767 dari paket B.

Ribuan pelajar tersebut berasal dari 287 sekolah. Terdiri dari 48 SMP negeri, 4 SMP swasta, 17 MTs negeri, 110 MTs swasta, 6 SMPLB, dan 32 lembaga kejar Paket B.
(fat/fat)

Postingan Terkait:


Tags: #News

Leave a reply "Beredar Kunci Jawaban UN Matematika SMP Di Jombang"

Must read×

Top