Batas Akhir Pendaftaran SBMPTN 2016

In News, sbmptn

Batas Akhir Pendaftaran SBMPTN 2016 | Batas Akhir Pendaftaran SBMPTN 2016Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 mengingatkan bagi tamatan SLTA bahwa batas akhir pendaftaran SBMPTN adalah tanggal 20 Mei pukul 22.00 WIB. Atau empat hari lagi, terhitung sejak Senin (16/05/2016).

“Bagi yang belum mendaftar, silakan daftarkan diri segera melalui website sbmptn (sbmptn.ac.id), atau datang dan daftar langsung ke Panitia Lokal (Panlok) 24 Pangkalpinang di Kampus UBB, Balunijuk, Merawang,”

ujar Rektor UBB Dr ir Muh Yusuf MSi didampingi Humas Panlok 24 Eddy Jajang J Atmaja, Senin (16/05/2016). Pendaftaran SBMPTN 2016 telah dibuka sejak tanggal 25 April hingga 20 Mei. Tatacara pendaftaran dapat dilihat pada laman: http//pendaftaran.sbmptn.ac.id. Sedangkan tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id. Sebagaimana diatur Peraturan Menteri Ristekdikti Nomor 45 tahun 2015, pola penerimaan mahasiswa baru untuk program sarjana pada perguruan tinggi negeri (PTN) dilakukan melalui: SNMPTN, SBMPTN dan seleksi Mandiri (oleh PTN itu sendiri).

Dari total daya tampung tiap PTN, SNMPTN ‘menyerap’ calon mahasiswa baru minimal 40 persen. Lalu, SBMPTN minimal 30 persen. Sedangkan untuk Jalur Mandiri maksimal 30 persen.
SBMPTN itu sendiri adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi panitia pusat. SBMPTN menggunakan metode ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing, PBT) dan menggunakan komputer (Computer Based Test, CBT).

“Ujian tertulis SBMPTN dilaksanakan 31 Mei. Ujian tertulis di Panlok 24, baik di Sub Panlok 1 Tanjungpandan maupun Sub Panlok 2 Pangkalpinang, seluruhnya menggunakan Paper Based Test, atau PBT,” ujar Muh Yusuf

Batas Akhir Pendaftaran SBMPTN 2016

Kelompok ujian SBMPTN untuk PBT terbagi menjadi tiga. Yaitu Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Sainstek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dan Kelompok Ujian Campuran (Campuran). “Hingga Senin (16/05/2016) siang, pukul 11, tercatat 208 orang pendaftar SBMPTN yang nanti melaksanakan ujian PBT di Sub Panlok 1 Tanjung pandan. Dengan rincian: Kelompok Sainstek 60 orang , Soshum 106 orang dan Campuran 42 orang,” tukas Muh Yusuf.

Baca Juga : Cara Mendaftar SBMPTN Bagi Peserta Bidik Misi

Sedangkan jumlah pendaftar yang nanti melaksanakan ujian tertulis PBT di Sub Panlok 2 Pangkalpinang, sambung Rektor UBB ini, hingga pukul 11 Senin siang tercatat 1.118 orang.
Rinciannya: Kelompok Sainstek 381 orang, Soshum 458 orang dan Campuran 279 orang. Mengenai jumlah pendaftar yang memilih Universitas Bangka Belitung (UBB) sebagai pilihan, Rektor UBB Muh Yusuf menjelaskan, hingga Senin siang, pukul 11 wib, tercatat 800 pandaftar SBMPTN yang memilih UBB pada pilihan pertama, 741 pendafar memilih UBB pada pilihan kedua, dan 860 pendaftar memilih UBB pada pilihan ketiga.

Tahun 2016 ini UBB menerima mahasiswa baru sebanyak 951 orang. Jumlah itu diperoleh melalui tiga pola jalur penerimaan. Yakni SNMPTN (daya tampung 381 orang, SBMPTN (287 orang) dan Mandiri (283 orang). Pada SBMPTN 2016 ini pendaftar bisa memilih paling banyak tiga program studi (prodi). Namun khusus untuk peserta ujian yang memilih dua atau tiga prodi, salah satu prodi pilihan harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Misalnya, bila seorang pendaftar SBMPTN dan memilih ujian di Panlok 24 (Pangkalpinang dan Tanjungpandan) memilih tiga prodi. Yakni masing-masing satu prodi di Unair (Jawa Timur) dan UGM (Jogyakarta). Maka ia harus memilih satu prodi PTN yang berada di wilayah I (antara lain UBB, Unseri, Unja dan UI).

Menurut Humas Panlok 24 Eddy Jajang J Atmaja, wilayah pendaftaran SBMPTN 2016 ada empat. Tiap wilayah pendaftaran terdapat sejumlah PTN yang menjadi perguruan tinggi peserta SBMPTN. Wilayah I adalah seluruh PTN di Sumatera, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Banten, DKI dan Jawa Barat (33 PTN). Wilayah II: PTN di seluruh wilayah DIY dan Jateng (10 PTN). Wilayah III: PTN di seluruh Jatim, Bali, NTB, NTT dan Kalimantan (kecuali Kalbar), seluruhnya 20 PTN. Wilayah IV: seluruh PTN di Sulawesi, Maluku, Papua dan Papua Barat (15 PTN).
Sebagian besar wilayah hanya melaksanakan ujian SBMPTN menggunakan Paper Based Tes (PBT). Ada beberapa PTN yang juga menggelar ujian dengan menggunakan Computer Based Test (CBT).

“Sebanyak 30 PTN yang menggelar ujian menggunakan CBT, antara lain Universitas Syiahkuala- Banda Aceh, Universitas 11 Maret, Surakarta, Unsri, Unand, UGM, Unbraw, Unpad, dan UI,” ujar Eddy Jajang.

Sumber : tribunnews .com

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Tags: #News #sbmptn

Leave a reply "Batas Akhir Pendaftaran SBMPTN 2016"

Must read×

Top