Baca ! Semua Siswa Berhak Masuk PTN

In News, pengumuman, sbmptn

 

Semua Siswa Berhak Masuk PTNBaca ! Semua Siswa Berhak Masuk PTN | Penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia memiliki tiga model yang bisa diikuti oleh siswa. Bulan lalu, SNMPTN 2016 sudah meluluskan ratusan ribu calon mahasiswa. Dan hari ini, ratusan ribu calon mahasiswa lainnya diterima melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016. Jalur terakhir adalah Ujian Mandiri (UM) di masing-masing PTN.

Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ainun Na’im menuturkan, meski ada tiga model penerimaan mahasiswa baru di PTN, para siswa tetap mendapatkan hak yang sama untuk bisa masuk PTN.

“Di semua jalur itu prinsipnya sama, standarnya juga sama. Mahasiswa yang tidak mampu pun bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraih kursi di PTN melaui tiga model penerimaan tersebut,” ujar Ainun dalam konferensi pers hasil SBMPTN 2016 di Kemristekdikti, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Baca Juga : Nilai Peserta SBMPTN 2016 Berdasarkan Asal Daerah

Hak yang sama juga dimiliki para calon mahasiswa tidak mampu melalui program bantuan biaya pendidikan, Bidikmisi. Tahun ini, ada 25.506 peserta SBMPTN 2016 lulus melalui jalur Bidikmisi.

“Tahun ini kuota ditambah 15 ribu, dari 60 ribu menjadi 75 ribu mahasiswa penerima Bidikmisi. Mereka didapatkan melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur ujian mandiri,” imbuh Rochmat.

Selain laman resmi SBMPTN 2016, terdapat 12 perguruan tinggi negeri (PTN) yang juga turut menyediakan fasilitas bagi peserta untuk mengecek kelulusannya. Kampus Okezone juga turut mengumumkan hasil SBMPTN 2016.

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Leave a reply "Baca ! Semua Siswa Berhak Masuk PTN"

Must read×

Top