8 Jalur Pendaftaran Universitas Lampung

In News, sbmptn

8 Jalur Pendaftaran Universitas Lampung

8 Jalur Pendaftaran Universitas Lampung | Nah pada kesempatan kali ini yang sangat berbahagia ini pena tulis akan membahas mengenai berbagai cara dan berbagai jalur pendaftaran yang ada di univeristas lampung.berhubung ane sendiri salah satu mahasiswa di sana, akan ane share bebrrapa jalur tersebut guna memuluskan jalan adik-adik untuk masuk unila tanpa pusing. Okeh ikuti langkah selanjutnya dan simak baik-baik 8 jalur pendaftaran Universitas lampung.

1. SNMPTN Pendaftaran SBMPTN UNILA
SNMPTN merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dimana peserta yang ingin mengikuti seleksi harus direkomendasikan oleh sekolah asal dan prioritas untuk mereka yang berprestasi karena untuk seleksi menggunakan undangan dengan melakukan seleksi nilai rapot melalui PDSS SNMPTN yang dilakukan oleh Sekolah setelah selesai baru siswa yang berangkutan. Jika beberapa ketentuan diatas tidak ditaati maka dipastikan anda tidak akan bisa seleksi jalur ini. Biaya pendaftaran gratis ditanggung pemerintah. SNMPTN unila merupakan yang teramai di wilayah lampung, sebab UNILA merupakan perguruan tinggi negeri favorit di wilayah gajah itu.

2. Pendaftaran SBMPTN UNILA
Untuk SBMPTN hampir melonjak tajam dari SNMPTN unila sebab adanya campuran yang tidak lolos seleksi SNMPTN langusng mendaftar SBMPTN, selain itu SBMPTN 2 bulan lebih akhir dari SNMPTN, nah untuk seleksi satu ini anda bisa daftar tanpa harus mendapatkan rekomendasi sekolah asalkan anda lulusan 3 tahun terakhir SLTA sederajat bisa mengikuti seleksi karena menggunakan sistem ujian tertulis dimana setiap calon peserta bisa mendaftar, untuk pendaftaran hampir sama menggunakan online sistem hanya saja biaya pendaftaran SBMPTN UNILA ditanggung oleh peserta dan langsung dibayarkan ke Bank BNI.

3. Pendaftaran PMPAP UNILA
Program Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) Universitas Lampung tahun ini akan dilaksanakan melalui tes tertulis. Di tahun-tahun sebelumnya, salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru Unila ini hanya dilakukan lewat seleksi nilai rapor siswa. Terkait alasan tersebut, pelaksanaan tes tertulis juga akan diberlakukan bagi calon mahasiswa pada jalur penerimaan mandiri lainnya seperti jalur kemitraan, kelas pararel, UML, ADIK Papua, dan ADIK Lampung yang biasanya juga dilakukan tanpa tes. Kuota 50 persen akan diperoleh melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 30 persen dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Kedua jalur ini merupakan jalur penerimaan nasional. Sementara, untuk jalur mandiri yang terdiri dari PMPAP, Kemitraan, Kelas Pararel, UML, ADIK Papua, dan ADIK. Lampung akan diakumulasikan sebesar 20 persen.
Universitas Lampung (Unila) bakal menerima 239 calon mahasiswa dari jalur Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP). Jumlah tersebut dialokasikan dari 5 persen kuota total Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila tahun 2016 yakni sebanyak 5.101 orang. Program PMPAP sendiri sudah dimulai Unila sejak tahun 2011 lalu. Program diperuntukkan bagi para siswa SMA/SMK/MA dari kabupaten/kota se-Lampung yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana dan berasal dari keluarga prasejahtera. Program PMPAP yang diinisiasi Kampus Hijau ini diharapkan mampu menjawab persoalan pendidikan, terutama bagi siswa yang berasal dari keluarga prasejahtera. Mengingat fenomena yang muncul di berbagai pelosok daerah terpencil rata-rata mereka yang kurang mampu cenderung memiliki banyak anak dan menikah dengan mereka yang juga berasal dari kalangan prasejahtera.
Dengan fenomena tersebut maka kemiskinan akan terus menjadi persoalan dan mata rantainya sulit untuk diputus. Oleh karena itu Unila membuka PMPAP yang mana program ini disediakan agar dapat membantu memberikan akses bagi semua lapisan masyarakat dan tepat sasaran.

4. Pendaftaran SPM Diploma UNILA
Universitas Lampung dalam membuka pendaftaran mahasiswa dengan Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (PMPD). Sistem PMPD yang bersifat lokal ini, digunakan untuk menjaring mahasiswa yang memilih Program Diploma. Seleksi PMPD ini diselenggarakan setelah pengumuman SNMPTN. Melalui PMPD Unila memberikan kesempatan kepada peserta pendaftar untuk memilih kuliah program cepat (Program Diploma 3) dan juga memberikan kesempatan kepada mereka yang tidak diterima melalui jalur SNPMTN dan SBMPTN di Universitas Lampung dan bagi peserta yang memang berniat langsung terjun ke dunia kerja dengan kuliah selama 3 tahun.
Program diploma merupakan Program Pendidikan Vocasional yang melakukan fungsi pendidikan dengan mengarahkan pada bidang kompetensi keahlian khusus di masing-masing bidang dengan konsentrasi pendidikan pada teknik sipil, ilmu ekonomi, komputer, dan ilmu sosial. Kurikulum yang dirancang oleh setiap program studi yang berbasis kompetensi dengan komposisi berkisar pada teori 40% dan praktek 60%, disertai dengan kewajiban magang dan laporan tugas akhir, serta kerja sama dengan berbagai institusi bisnis, profesi, dan pemerintahan yang kompeten, dengan harapan menunjang peningkatan kemampuan mahasiswa dalam bidangnya masing-masing.
Program Diploma 3 diselenggarakan oleh Unila dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah ini, agar tercapai pemerataan pendidikan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi lanjut dan memiliki keterampilan dan kompetensi keahlian khusus.

5. Pendaftaran SPM Mandiri Sarjana UNILA
SPM Mandiri merupakan salah satu jalur seleksi mandiri diperuntukan untuk jenjang pendidikan S1 dimana jalur ini menjadi salah satu alternatif untuk anda ikuti bagi yang ingin mengambil jenjang pendidikan Sarjana bisa mengikuti seleksi ini karena menggunakan sistem seleksi tertulis dengan mengandalakan kemampuan intelektual siswa ada beberapa bahan seleksi yang ingin mengikuti seleksi. Pendaftaran dilaksanakan melaluispm.unila.ac.id pilih katagori sarjana besaran biaya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku pada situs resmi.

6. Pendaftaran SPM/SIMANILA PARAREL UNILA
program perkuliahan ini menggunakan fasilitas dan kurikulum yang sama dengan program sarjana reguler dan hanya dibuka untuk beberapa program studi (jurusan) tertentu di 7 (tujuh) fakultas di Universitas Lampung (Unila). Kelas paralel diselenggarakan mulai dari sore sampai malam hari, berbeda dengan reguler yang pada umumnya kelasnya dimulai dari pagi hingga siang atau sore hari. Tujuan kelas paralel adalah memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk menempuh pendidikan pada program sarjana.

7. Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi UNILA.
Bidik Misi merupakan seleksi mahasiswa untuk program beasiswa DIKTI kurang mampu diberikankemenristek Dikti hal ini tentu menjadi sebuah kabar gembira karena melalui beasiswa ini ada ribuan mahasiswa yang mengikuti seleksi ini sudah terbantu dan bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi negeri. UNILA adalah salah satu PTN penyelenggara program ini dimana untuk bisa lulus harus mendaftar melalui situs Bidikmisi.Dikti.go.id kemudian mengikuti semua seleksi dari 1 sampai 6 dan verifikasi sebagai peserta Bidik Misi.

8. Pendaftaran Pascasarjana UNILA
UNILA kembali menerima mahasiswa baru jenjang pascasarjana. Bagi anda yang berminat kuliah jenjang Pascasarjana di UNILA, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Jalur seleksi pascasarjana UNILA dibuka melalui jalur seleksi mandiri. Pendaftaran dan ketentuan lainnya dapat anda baca di web UNILA, yaitu di pasca.unila.ac.id . Untuk jadwal pelaksanaan lihat disini.
Di atas tadi beberapa jalur pendaftaran yang ada di universitas lampung, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya..
Sumber : http://febriantama96.blogspot.co.id/2016/06/8-jalur-pendaftaran-universitas-lampung.html

Postingan Terkait:


Artikel Terpopuler


Tags: #News #sbmptn

Leave a reply "8 Jalur Pendaftaran Universitas Lampung"

Must read×

Top